Jenis Model Raspberry Pi



Raspberry pi adalah mini PC yang didesin sangat minimalis , simpel yang mampu membuat ribuan project hanya dengan device seukuran kartu kredit. Device ini dilengkapi dengan prosesor ARM V7 menggunakan ram  512 MB cukup baik untuk mini PC dengan menggunakan  sistem Operasi  base Debian . Raspberry pi telah mengeluarkan beberapa model antara lain :
-          Raspberry pi A
-          Raspberry pi A+
-          Raspberry pi  B
-      Raspberry pi B+
-      Raspberry pi 2 

1.        Raspberry pi A



Raspberry pi A
Raspberry tipe A adalaha  raspbery keluaran pertama yang memiliki prosesor ARM 11 dengan RAM 256 MB , tipe ini mempunyai 1 port USB 2.0 dan 26 GPIO.

2.        Raspberry pi A+

Raspberry A+

Berbeda dengan tipe A Raspberry pi tipe A+ memiliki pin GPIO lebih banyak dari tipe sebelumnya yaitu pin GPIO dan menggunakan micro SD card sebagai harddisk sistem operasi. Tipe ini mempunyai 1 port USB dan tidak memiliko port RJ45


3.Raspberry pi B


Raspberry pi B


Raspberry pi tipe B adalah raspberry yang paling terlaris karena raspberry pi ini didesain lebih powerfull dengan kecepatan RAM 512 MB cukup elegan untuk streaming kamera. Tipe ini hampir sama dengan tipe A tetapi lebih banyak diminati karena memiliki 2 port USB , HDMI, dan RJ45.

4.Raspberry pi B+



Raspberry pi B+


Hampir sama dengan tipe A+  , Raspberry pi ini memiliki 40 pin GPIO dan 4 port USB yang bisa digunakan dan menggunakan daya yang kecil yaitu dapat berjalan 0.5 W .

 5. Raspberry pi 2

 

Pada raspberry ini menggunakan prosessor Quad core Broadcom BCM2836, GPIO  dengan jumlah pin 40 , bisa digunakan untuk microSD ,  4 port USB , 1 HDMI , dan 1 port untuk RCA, serta ekstensi untuk modul kamera dan DSI. Daya raspi dapat diperoleh dengan masukan daya dengan pengisi daya telepon gengam. 


 5. Raspberry pi Zero 
Raspberry pi Zero adalah salah satu jenis raspberry yang memiliki ukuran setengahnya raspberry pi model A + dengan dua kali utilitas . Raspberry pi juga dapat digunakan untuk membuat setiap proyek 


Referensi :
- https://staff.blog.ui.ac.id/jp/2015/02/17/membuka-raspberry-pi-2/
- https://www.raspberrypi.org/products/pi-zero/

Komentar

  1. Sekarang yang peling ngetren Raspi Zero :D

    BalasHapus
  2. iya mas . keluar terbaru raspi sekarang adalah raspi zero mohon maaf belum sempat menupdate

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menggunakan dan Penerapan Osciloscope

Seismograf

Biosensor